Senin, 20 April 2009

Tekhnologi Informasi

Di era globalisasi saat sekarang ini kita tertantang untuk ikut bersaing di dalamnya. Hal ini sesuai dengan tuntutan pendidikan yang sesuai dengan undang - undang.

Sebagai gambaran bagi kita bahwa banyak generasi - generasi kita yang sampai saat sekarang ini belum mengetahui apa tujuannya bersekolah. Berdasarkan survey di berbagai daerah bahwa seorang pelajar itu sekolah karena paksaan orang tua, ikut - ikutan, gengsi, pamor, menghindari pekerjaan yang di rumah, dll. Dengan kata lain para pelajar sekarang tidak mengetahui untuk apa dia sekolah. Hasilnya adalah banyak para siswa / pelajar yang tidak berhasil dalam UAN / UASBN 2007 / 2008. Ini menjadi catatan bagi kita semua guru. Kita harus menjadi contoh teladan yang baik.

Secara sederhana tujuan mereka adalah untuk mendapatkan Ijazah. Sesuai dengan kurikulum tujuan mereka benar. Bahwa kurikulum itu adalah segala kegiatan yang ada di sekolah baik ekstra kurikuler dan ko kurikuler dengan tujuan untuk mendapatkan Ijazah.

Yang menjadi pertanyaan adalah "Apakah setiap tamatan dari pendidikan menengah ke atas itu sudah benar - benar punya skill sesuai dengan tuntuan zaman sekarang ini ?

Jawabannya ada pada kita semua selaku kita berprofesi sebagai guru.

Hal semacam inilah yang perlu kita bina khususnya untuk para siswa dasar, untuk diperkenalkan yang namanya suatu pendidikan keahlian. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi out put dari sekolah tersebut, apakah layak pakai atau tidak. Artinya adalah setelah tamat dari sekolah tersebut apakah ia mampu mandiri ? Apakah mampu memberikan sumbangan bagi negara ? Apakah mampu berperan dalam pembangunan ? Apakah mampu mengangkat martabat dari keluarganya ?

Dari pertanyaan - pertanyaan inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai guru. Sesuai dengan hal ini maka konsep yang sesuai dengan tuntutan pendidikan adalah

1. Seorang guru tidak lepas dari informasi dari dunia maya

2. Seorang guru harus menguasai minimal 5 keahlian diluar profesinya.

3. Minimal seorang guru harus menguasai 2 bahasa asing ditambah tekhnologi "KOMPUTER".

Apabila yang 3 ini sudah ada pada seorang guru maka tuntutan dari pendidikan tersebut akan berhasil 90 %.

Akhir kata mari kita tingkatkan mutu pendidikan di tempat kita masing - masing

Sumber: http://e-majalah.com/hasan0708.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar